Sabtu, 17 Mei 2008

Ingin Merokok, Pelajar SMP Nodong

Gara-gara ingin membeli sebungkus rokok namun tidak punya uang, dua pelajar SMP; Maulana (14) dan Andri (15), menodong dua pelajar SMP lainnya di mikrolet. Penodongan terjadi saat mikrolet melintas di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (16/5) pukul 13.00.


Maulana dan Andri adalah siswa SMP swasta di kawasan Kampungrambutan, Jakarta Timur. Sedangkan dua pelajar yang menjadi korban penodongan adalah Ibnu Fatah Yuda (14) dan Hardi (13). Keduanya siswa kelas 1 SMPN 4 di Jalan Perwira, Gunungsahari, Jakarta Pusat.
Menurut Ibnu, penodongan itu terjadi saat dia menumpang di Mikrolet M-01 jurusan Senen-Kampungmelayu . Saat itu kedua siswa yang tinggal di Jalan Gunungsahari 10 itu menumpang mikrolet dari depan Mal Golden Trully, Jalan Raya Gunungsahari.
Keduanya hendak menuju rumah temannya di kawasan Kampungmelayu untuk suatu keperluan. "Saat mikrolet melintas di Terminal Bus Senen, ada dua orang yang naik," ujar Ibnu.
Ibnu dan Hardi tidak curiga dengan Maulana dan Andri, karena menggunakan celana pendek biru. Namun, setelah mikrolet melaju beberapa ratus meter dari Terminal Bus Senen, tiba-tiba Maulana dan Andri meminta paksa duit dan ponsel milik Ibnu dan Hardi. Untuk mengancam, Andri mengeluarkan clurit dan menodongkan ke Ibnu dan Hardi.
Karena tidak punya ponsel, Ibnu memberikan uang Rp 2.000 dan Hardi memberikan uang Rp 1.000. "Tapi mereka tetap minta ponsel kepada kami, tapi kami nggak punya ponsel. Makanya kami nggak memberikannya," ujar Ibnu.
Karena khawatir jadi korban pembacokan, Ibnu dan Hardi memilih untuk lompat dari dalam kabin mikrolet. Aksi itu dilakukan saat mikrolet melintas tepat di kantor Polrestro Jakarta Pusat sambil berteriak bahwa mereka adalah korban penodongan.
Polisi yang melihat kejadian itu langsung menghampiri Ibnu dan Hardi. Lalu polisi segera mengejar mikrolet itu dengan motor. Untungnya, mikrolet melaju pelan, sehingga dengan mudah polisi menghentikan laju mikrolet dengan cara memalangkan motor di depan mikrolet.
Maka, dengan mudah polisi menangkap Maulana dan Andri. Menurut Maulana, niat awal mereka adalah ingin tawuran.

Tidak ada komentar: